RSS

Guru Oh Guru

Melihat-lihat blog teryata...ehm...sudah lama terabaikan...Kali ini mengangkat tema Guru...bukan karena saya nanti menjadi guru (InsyaAllah) tapi tulisan ini untuk seorang guru matematika SMP yang mampu memikat saya dan adik mengambil jurusan yang sama...MATEMATIKA...
   Matematika...Pelajaran yang mungkin hampir semua siswa menganggapnya sulit...Momok yang menakutkan...ini fenomena turun temurun yang diwariskan oleh senior-senior yang lebih dulu mendapatkan materinya (meskipun gak semuanya tapi rata-rata seperti itu)...” wah ini susah dek...kakak dulu saja gak bisa...” atau “ kalau gak ada matematika senengnya...”....hmm sering mendengar komentar seperti itu? Pasti. Hehehe tapi gak perlu salahin senior-senior  kita yaa...( gebukin rame-rame yuukkk....Ops gak boleh loh!!!)
     Kok tentang Matematika sih? Berhubung inspirasi gurunya dari guru matematika ya gak apa-apakan? Oke kita lanjut...
      Saya pun tahu menarik siswa untuk menyukai pelajaran yang kita ajar sangatlah sulit. Butuh profesional disini...pinter-pinternya guru deh...menghadapi siswa yang sudah telanjur benci yah harus ekstra keras...itulah tantangan yang menarik dari seorang guru bukan?
     Awal masuk SMP, matematika buat saya sangat sulit...gak paham dengan materinya meskipun sudah tanya sama gurunya...tapi alhamdulillah karena dapat tugas rumah (PR) yang wajib tanya sama guru lain jadilah saya bertemu dengan guru luar biasa...dari sinilah saya belajar dan guru matematika menjadi pilihan cita-cita...
            Hal yang perlu diperhatikan guru :
1.      Buatlah pelajaran menjadi menyenangkan...gimana caranya? Buatlah contoh-contoh di kehidupan nyata. Fakta-fakta itulah yang akan membuat siswa “O begitu ya kok saya baru tahu”....dari permulaan inilah siswa akan terus mendalami pelajaran tersebut...misalnya mengukur volume kulkas,lemari pakaian dll dirumah masing-masing , siswa pasti tidak pernah terpikirkan berapa besar volume benda-benda tersebut....saya pun tidak.
2.      Ini yang paling saya suka menurunkan rumus...kita terbiasa sebagai siswa mendapatkan rumus tanpa tahu asal mula rumus tersebut apalagi rumus yang sama bisa menurunkan rumus yang berbeda...tapi guru saya ini hanya memberikan langkah-langkah awal sebagai kunci untuk mendapatkan rumus...kalau tersendat-sendat guru membantu tanpa membantu 100%...biarkan siswa berpusing ria mencarinya...
3.      Biarkan siswa berkompetisi...setiapkali pertemuan berikan tugas yang wajib dikerjakan ditempat...guru saya jarang memberikan PR seringnya tugas yang jadi bahan rebutan penilaian...gimana tidak, hanya untuk 3 orang pertama yang dinilai! Meskipun hanya nilai di buku tugas gak apa-apa...seneng banget kalau dapat 100...ujung-ujungnya juga nanti semua dinilai karena sebagai respon kekagetan mau gak mau rebutan menjadi terdepan penilaian...kalau salah diperbaiki dan maju lagi...hmm gimana dengan siswa yang kesulitan dengan sistem ini? Biarkan guru menunggu semua siswa selesai mengerjakannya...teman sebangku bisa membantu tanpa memberikan jawabannya...
4.      Latihan soal perbab...semakin banyak soal dikerjakan semakin paham siswa memahami materi
5.      Ujian...buat saya ujian paling aneh...sampai saat ini saya gak paham tujuan dari guru saya...setiap kali ujian siswa tertentu di pindahkan ke pojok kelas, meja guru atau dimana saja yang penting jauh dari teman-teman...yang pasti para siswa yang di anggap bisa dipindahkan...bukan karena takut contek mencontek...saya belum pernah lihat siswa seperti itu selama ujian...nilai jelek gak masalah semua percaya diri..Dan nilai ujian di pajang di depan kelas...bisa dibayangkan seandainya nilai terbawah...tapi motivasi belajar jangan menjadi terendah semakin tinggi!
6.      Buat suasana yang menyenangkan...guru harus bisa membawa siswanya santai mengikuti kegiatan belajar mengajar tetapi serius...Bisa dikatakan guru saya suka bercanda...sering membuat siswanya tertawa...tetapi kalau serius, siswa pada diam gak berani senyum-senyum...
7.      Motivasi...Seorang guru mampu membangkitkan kepercayaan diri siswa dengan kemampun yang dimilikinya sungguh luar biasa...hal ini memberikan dampak positif meskipun sudah tidak diajar lagi...minimal contohnya saya.
8.      Bersahabat dengan siswa...Bukan hanya siswa tertentu saja tapi semua...guru saya hafal sifat-sifat siswanya yang aneh-aneh yang lucu-lucu yang baik-baik...siswa pun dekat dengan keluarga guru juga...silaturahmi...
Demikianlah yang bisa ambil dari guru saya...meskipun hanya diajar setahun di sekolah (kelas IX) tapi lesnya dari kelas VII-XII (lamakan?)...Terima kasih Pak Yonas Tunu...beserta teman-teman les yang bertahun-tahun bersama semangat belajar matematika meskipun hujan badai menghadang (ini serius loh!)...nantikan tulisan selanjutnya “ Bukan sekadar guru”...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar