RSS

Tafsir Paradigma Gerakan KAMMI

Tugas ketika mau DM2...sumber nya afwan lupa...
Sebuah perjalanan yang tidak sebentar. Dimana perjalanan tersebut mampu menumbangkan rezim Soeharto yang telah bertahta puluhan tahun. Diperjalanan itulah lahirlah sebuah gerakan yang mengubah paradigma perjuangan. Sebuah gerakan mahasiswa yang telah menemukan ritme gerakannya. Dan dakwah mampu menyatukan segenap cita-cita untuk membangun peradaban islami. Gerakan itu adalah KAMMI.
Lahirnya KAMMI bukan hanya karena sebuah momentum. Tapi sebuah solusi yang ditawarkan para kader dakwah secara jelas dan terarah sesuai pedoman Islam. Dan 14 tahun bukan waktu yang sebentar untuk membuktikan bahwa KAMMI bukan sebatas gerakan perwarna reformasi. Selama itulah KAMMI merealisasikan visi misi yang menjadi cita-citanya.
Visi KAMMI
KAMMI adalah Wadah perjuangan permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin dalam upaya mewujudkan bangsa dan negara Indonesia yang Islami.
Misi KAMMI
1.      Membina keislaman, keimanan, dan ketaqwaan mahasiswa muslim Indonesia.
2.      Menggali, mengembangkan, dan memantapkan potensi dakwah, intelektual, sosial, dan politik mahasiswa.
3.      Memelopori dan memelihara komunikasi, solidaritas, dan kerjasama mahasiswa Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara.
4.      Mencerahkan dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang rabbani, madani, adil, dan sejahtera.
5.      Mengembangkan kerjasama antar elemen bangsa dan negara dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar ma`ruf nahi munkar).
Lalu berapa besar pengaruh visi misi mampu menentukan paradigma gerakan KAMMI?. Sebuah visi yang dijabarkan secara global dalam misi, memiliki keterkaitan dengan sebuah paradigma atau cara pandang seseorang atau organisasi mengenai sesuatu hal. Paradigma inilah yang mengantar pemikiran seseorang terhadap sesuatu dari sisi yang berbeda. Dan dari paradigma inilah yag akan membingkai pemahaman sesorang akan sesuatu hal. Keterkaitannya dengan visi-misi dalam sebuah organisasi yang memungkinkan  yang telah direncanakan dan ditentukan. Hal ini lah yang akan menuntun dalam pencapain visi melalui garis besar kerja sebuah misi.
Dan paradigma sangatlah penting bagi sebuah gerakan karena menjadi sebuah landasan dalam bersikap, bergerak, dan menjadi cara pandang dalam menghadapi segala tantangan yang ada dalam perjalan gerakan tersebut menuju cita-cita yang diperjuangkannya. Paradigma gerakan menjadi jalur bagi gerakan menuju cita-cita yang akan dicapai.
KAMMI  yang merupakan wadah permanen pergerakan dan perjuangan kemahasiswaan Indonesia, yang mendambakan perubahan yang signifikan bagi bangsa Indonesia dan keluar dari keterpurukan krisis multidimensi yang melanda bangsa ini, maka penting bagi kader-kader KAMMI mentafsir paradigma gerakan KAMMI sebagai salah satu faktor penyiapan kader yang yang mampu merealisasikan tafsir-tafsir dalam aksi nyata.

Tafsir paradigma gerakan KAMMI1:
a.       KAMMI adalah gerakan da’wah tauhid
1.      Gerakan da’wah tauhid adalah gerakan pembebasan manusia dari berbagai bentuk penghambaan terhadap materi, nalar, sesama manusia dan lainnya, serta mengembalikan pada tempat yang sesungguhnya yaitu Allah SWT.
2.      Gerakan da’wah tauhid merupakan gerakan yang menyerukan deklarasi tata peradaban kemanusiaan yang berdasar pada nilai-nilai universal wahyu ketuhanan (ilahiyah) yang mewujudkan Islam sebagai rahmat semesta alam (rahmatan lil ‘alamin).
3.      Gerakan da’wah tauhid adalah gerakan perjuangan berkelanjutan untuk menegakkan nilai-nilai kebaikan universal dan meruntuhkan tirani kemungkaran (amar ma’ruf nahi munkar).
b.      KAMMI adalah gerakan intelektual profetik
1.      Gerakan intelektual profetik adalah gerakan yang meletakkan keimanan sebagai ruh atas penjelajahan akal nalar.
2.      Gerakan intelektual profetik merupakan gerakan yang mengembalikan secara tulus dialektika wacana pada prinsip-prinsip kemanusiaan yang universal.
3.      Gerakan intelektual profetik adalah gerakan yang mempertemukan nalar akal dan nalar wahyu pada usaha perjuangan, perlawanan, pembebasan, pencerahan, dan pemberdayaan manusia secara organik.
4.      Gerakan Intelektual profetik adalah gerakan pemikiran yang menjangkau realitas rakyat dan terlibat dalam penyelesaian masalah rakyat.
c.        KAMMI adalah gerakan sosial independen
1.      Gerakan sosial independen adalah gerakan kritis yang menyerang sistem peradaban materialistik dan menyerukan peradaban manusia berbasis tauhid.
2.      Gerakan sosial independen merupakan gerakan kultural yang berdasarkan kesadaran dan kesukarelaan yang berakar pada nurani kerakyatan.
3.      Gerakan sosial independen merupakan gerakan pembebasan yang tidak memiliki ketergantungan pada hegemoni kekuasaan politik-ekonomi yang membatasi.
4.      Gerakan sosial indepependen bertujuan menegakkan nilai sosial politik yang tidak bergantung dengan institusi manapun, termasuk negara, partai maupun lembaga donor.
d.      KAMMI adalah gerakan politik ekstraparlementer
1.      Gerakan politik ekstraparlementer adalah gerakan perjuangan melawan tirani dan menegakkan demokrasi egaliter
2.      Gerakan plitik ekstraparlementer adalah gerakan sosial kultur dan strultural yang berorientasi pada penguatan rakyat secara sistematis dengan melakukan pemberdayaan institusi-institusi sosial atau rakyat dalam mengontrol proses demokrasi formal.
3.      Gerakan Ekstraparlementer berarti tidak menginduk pada institusi parlemen maupun pembentuk parlemen ( partai politik dan senator). Independensi sikap politik bulat utuh tanpa intervensi partai apapun
4.      Gerakan Ekstraparlementer bergerak diluar parlemen dan partai politik, sebagai representasi rakyat independen.

        Maka KAMMI bukan sebuah organisasi yang berjalan diatas rambu-rambu yang akan hilang sesuai dekade. Persiapan meraih momentum terbaik maka KAMMI harus mampu menyiapkan kader-kader yang siap menghadapi momentum tersebut.
“Dan orang-orang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal-amal yang shalih, serta beriman pula kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad dan itulah yang haq dari Tuhan mereka, Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan mereka, dan memperbaiki keadaan mereka.” (QS. Muhammad: 2).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar