RSS

Sejauh Mana Efektifitas Kurikulum SD Di Indonesia???


 By: Novi Umpriyani (09110079) 
Tingkat kebutuhan akan mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi membuat banyak orang tua bersaing agar anak-anaknya bisa mendapatkan sekolah SD yang bagus dalam tatanan sekolah, kurikulum sekolah maupun peraturan-peraturan yang ada. Dalam beberapa tahun ini banyak sekolah yang menyajikan banyak fasilitas tetapi dalam hal kualitas kurang mendukung yang diantaranya banyak guru yang kurang berkompeten. Hal ini disebabkan karena kurikulum dalam sekolah tersebut kurang baik. Yang dimaksud kurikulum adalah suatu rencana, petunjuk atau pedoman yang digunakan dalam pendidikan. Isi dari kurikulum sendiri yaitu tujuan pendidikan yang ingin dicapai dengan isi yang disesuaikan dengan tujuan serta metode yang digunakan dalam penyampaiannya. Kurikulum juga bisa diartikan sebagai suatu ide/konsep, rencana yang menjadi panduan dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar serta kurikulum sebagai hasil belajar yang menjadi ukuran keberhasilan pendidikan.
Dari pengertian kurikulum yang ada, sejauh mana efektifitas kurikulum SD di Indonesia?. Sudahkan dilaksanakan sebagai mana mestinya? Padahal jika suatu sekolah tidak menggunakan kurikulum dengan semestinya akan mengakibatkan pendidikan tidak mampu menyesuaiakan dengan lingkungan masyarakat, potensi yang ada dalam peserta didik kurang dapat dikembangkan, dan  peserta didik tidak akan memilki persiapan untuk hidup ditengah kehidupan sosial. Sehingga tanpa kurikulum keunikan peserta didik akan terabaikan.  
Dengan adanya kurikulum harapannya sekolah akan mampu menciptakan individu yang bisa menyesuaikan dengan kondisi masyarakat. Pendidikan akan mampu mengimbangi kondisi masyarakat yang dinamis. Kurikulum akan mampu mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar